GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Kemenhub bakal lakukan reformasi logistik, perbaiki ekonomi NTB

Kemenhub bakal lakukan reformasi logistik, perbaiki ekonomi NTB

Merdeka > Uang …

Kemenhub bakal lakukan reformasi logistik, perbaiki ekonomi NTB

Merdeka > Uang Kemenhub bakal lakukan reformasi logistik, perbaiki ekonomi NTB Senin, 10 September 2018 11:10 Reporter : Siti Nur Azzura Budi Karya Sumadi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan akan melakukan reformasi logistik di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk mendukung pembangunan kembali NTB pasca terjadinya gempa di Lombok.

BER ITA TERKAIT
  • LRT sering mogok, Kemenhub minta maaf dan bakal siapkan posko
  • Menhub: KNKT masih selidiki penyebab pesawat jatuh di Papua tewaskan 8 orang
  • Kemenhub sebut jembatan timbang bukan lagi 'lahan basah' orang Pemda

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, selain reformasi logistik, pihaknya juga akan memberikan bantuan lain, seperti beasiswa dan vokasi bagi masyarakat NTB.

"Mendukung NTB bangkit, kami sepakat melakukan reformasi logistik yang ada di NTB. Bersamaan dengan itu kami menyediakan beasiswa dan vokasi kepada masyarakat NTB agar memiliki kompetensi yang lebih baik," kata Budi melalui keterangan resminya.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan inventarisasi terlebih dahulu terhadap berapa jumlah pelabuhan yang ada. Kemudian akan dikaji efektivitas dari pelabuhan-pelabuhan tersebut.

Hasilnya akan bisa ditentukan apakah harus menambah jumlah pelabuhan, atau hanya m elakukan intensifikasi terhadap pelabuhan yang ada.

"Kita buat pelabuhannya menjadi produktif, dan kita mencari satu model bisnis, agar proses bongkar muat barang bagus. Jadi sebenarnya persoalan yang ada di sini adalah bagaimana produktivitas pelabuhan itu bisa atau tidak mengantisipasi atau menampung bangkitan barang-barang yang ada di sini, keluar dan masuk. Yang pasti kita cari model bisnis yang paling tepat dan paling cepat. Supaya ekspor NTB cepat keluar. Kita cari model bisnis yang pas," jelasnya.

Seperti diketahui, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah beberapa kali mengalami gempa. Bahkan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro memprediksi, pertumbuhan ekonomi di Nusa Tenggara Barat (NTB) pasca bencana gempa berkelanjutan bakal tertahan di angka 0 persen.

Meski tidak masuk dalam bencana nasional, namun pemerintah terus berupaya memberikan bantuan dalam menangani gempa tersebut. Dia memperkirakan, sekt or ekonomi di kawasan NTB baru dapat pulih kembali antara enam bulan sampai satu tahun ke depan. [azz]

Baca Juga:
Perbaikan 80 ribu rumah korban gempa Lombok ditargetkan selesai enam bulanHari ke-2 di Lombok, Jokowi tinjau pembangunan rumah tahan gempaCara Jokowi menghibur anak-anak korban gempa LombokPagi ini, gempa 5,3 SR guncang LombokPemerintah bakal sediakan bahan bangunan untuk korban gempa Lombok
Topik berita Terkait:
  1. Kementerian Perhubungan
  2. Gempa NTB
  3. Gempa Lombok
  4. Gempa
  5. Logistik
  6. Ekonomi Indonesia
  7. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini
  • Pemuda lintas iman di Purwokerto bangun dialog keberagaman Indonesia bersatu

  • Meneduhkan, keberagaman dalam Festival Payung Indonesia 2018

  • Menko Puan minta masyarakat Indonesia ikut ramaikan Asian Para Games 2018

Rekomendasi

Sumber: Beri ta Nusa Tenggara Timur

No comments