GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Iluni dan UI Peduli Sigap Turun Bantu Korban Bencana di NTB

Iluni dan UI Peduli Sigap Turun Bantu Korban Bencana di NTB

Gempa di Lombok Iluni dan UI Peduli Sigap Turun Bantu Korban Bencana di NTB Dalam waktu dekat segera diberangkatkan juga tim teknis ILUNI UI untuk pengadaan …

Iluni dan UI Peduli Sigap Turun Bantu Korban Bencana di NTB

Gempa di Lombok

Iluni dan UI Peduli Sigap Turun Bantu Korban Bencana di NTB

Dalam waktu dekat segera diberangkatkan juga tim teknis ILUNI UI untuk pengadaan listrik darurat dan penjernihan air di beberapa titik di Lombok.

Iluni dan UI Peduli Sigap Turun Bantu Korban Bencana di NTBIstimewaPengurus Pusat Ikatan Aluni Universitas Indonesia (ILUNI UI) hingga saat ini masih terus mengirimkan bantuan dan terjun langsung membantu masyarakat korban bencana gempa bumi di tiga kabupaten, di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

TRIBUNNEWS.COM - Pengurus Pusat Ikatan Aluni Universitas Indonesia (ILUNI UI) hingga saat ini masih terus mengirimkan bantuan dan terjun langsung membantu masyarakat korban bencana gempa bumi di tiga kabupaten, di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Baca: Lewat Paralayang, Jafro Megawanto Kembali Persembahkan Medali Emas untuk Indonesia

Selain mendistribusikan berbagai kebutuhan sandang dan pangan dari para donatur, sejak tahap awal bencana, tim ILUNI UI juga aktif mendistribusikan relawan ke area bencana untuk melakukan assessment dan pendampingan.

Bantuan personil relawan datang dari tim korps Resimen Mahasiswa (Menwa) UI, Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA) UI, Sasando (Komunitas Mahasiswa UI dari Lombok), serta Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI (Puskris UI) sebagai bagian dari tim UI Peduli.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum ILUNI UI Arief Budhy Hardono kepada pers di Jakarta, Kamis (23/8).

Arief saat itu didampingi koordinator ILUNI UI untuk penanganan bencana dan pasca bencana di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), Endang Mariani dan ketua Community Developement ILUN I UI Irvan Toreza, yang saat itu baru tiba dari daerah terkena bencana di Lombok, NTB, Sekjen ILUNI UI Andre Rahadian dan juru bicara ILUNI UI Eman Sulaeman Nasim.

“Dengan semangat UI Peduli, donasi yang dikumpulkan dari para alumni UI dan pihak lain sudah dan akan diimplementasikan dalam bentuk pengadaan keperluan sehari-hari, seperti selimut, handuk, pakaian, bahan makanan, dan lainnya. ILUNI UI juga berkoordinasi dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Tim Psikologi TNI dan Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI (PUSKRIS UI) dalam persiapan pemberian pendampingan psikososial dan psikoedukasi,” papar Arief Budhy Hardono.

Di tempat yang sama, Endang Mariani menjelaskan, bantuan dari para alumni UI yang dikoordinasikan ILUNI UI disebar di wilayah Sembalun Lombok Timur, daerah Tanjung Lombok Utara, dan sekitar Gunung Sari Lombok Barat.

Dalam waktu dekat segera diberangkatkan juga tim teknis ILUNI UI untuk pengadaan listrik darurat dan penjernihan air di beb erapa titik di Lombok.

Kebutuhan tim medis dan tim teknis lainnya dipenuhi dengan datangnya tim UI Peduli yang melakukan pengobatan kepada masyarakat yang membutuhkan. ILUNI UI juga membuka Dapur Umum di Sembalun Bumbung, Lombok Timur, yang melayani tidak kurang dari 1.000 pengungsi per hari.

Status Bencana

Ketua Umum ILUNI UI Arief Budhy Hardono, menyampaikan pihaknya tidak terlalu mempersoalkan apakah bencana gempa bumi di Lombok dan Sumbawa, NTB yang cukup massive dan masih terus berlangsung hingga saat ini, dikategorikan bencana nasional atau daerah.

Hal yang paling penting, pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan segala perangkatnya harus segera membantu menyelamatkan masyarakat Lombok, Sumbawa dan daerah-daerah lainnya yang terdampak bencana di NTB. Keselamatan masyarakat terdampak bencana harus menjadi prioritas.

Editor: Malvyandie Haryadi Ikuti kami di Terlibat Pungli SIM, Kapolres Kediri Terima Rp50 Juta Per Minggu, Terkuak Alur dari Calo ke Pejabat Sumber: Berita Nusa Tenggara Timur

No comments