Diguncang Ratusan Kali, Sumur Air Tanah di Nusa Tenggara Barat ... | Liputan 24 Nusa Tenggara Timur
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Diguncang Ratusan Kali, Sumur Air Tanah di Nusa Tenggara Barat ...

Posted by On 9:24 PM

Diguncang Ratusan Kali, Sumur Air Tanah di Nusa Tenggara Barat ...

Gempa Lombok

Diguncang Ratusan Kali, Sumur Air Tanah di Nusa Tenggara Barat Hilang

Diguncang gempa bumi ratusan kali sejak Minggu (5/8/2018), wilayah Lombok Timur dan Lombok Utara mengalami retakan dalam.

Diguncang Ratusan Kali, Sumur Air Tanah di Nusa Tenggara Barat HilangTwitterSejumlah wilayah Lombok Timur dan Lombok Utara mengalami soil liquefaction atau retakan dalam. Tanah bergeser, sumur air pun mengering.

DIGUNCANG gempa bumi ratusan kali sejak Minggu (5/8/2018), sejumlah wilayah Lombok Timur dan Lombok Utara mengalami soil liquefaction atau retakan dalam.

Tanah bergeser, sumur air pun mengering.

Kabar buru k itu disampaikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia lewat Magma Indonesia.

Dijelaskan, retakan tanah yang terjadi menyebabkan ribuan bangunan roboh karena terus bergeraknya tanah.

"Soil liquefaction atau likuifaksi/pelulukan tanah terjadi akibat gempa bumi Lombok pada 5 Agustus 2018 dengan magnitudo M7.0. Silahkan dibaca keterangan Tim Tanggap Darurat dari PVMBG mengenai fenomena likuifaksi ini (https://t.co/I3VQRF6A1k)," tulis admin @id_magma.

Dalam halaman situs Magma Indonesia, gempa bumi Lombok dengan M7.0 yang terjadi pada hari Minggu (5/8/2018) pukul 18:45:35 WIB, telah mengakibatkan kerusakan luar biasa dan korban jiwa di Lombok Utara dan Lombok Timur serta kawasan, sekitarnya.

Kedua kawasan yang sebelumnya pada tanggal 29 Juli 2018 telah diguncang oleh gempa bumi dengan kekuatan M6,4.

Robohnya bangunan yang banyak menyebabkan korban jiwa disebabkan oleh goncangan gempa bumi, surface rupture (retakan tanah) dan bahaya ikutan dalam hal ini likuifaksi atau pelulukan tanah.

Fenomena likuifaksi atau pelulukan tanah atau soil liquefaction adalah suatu proses yang membuat tanah kehilangan kekuatannya dengan cepat.

Penyebabnya karena getaran yang diakibatkan oleh gempa bumi kuat pada kondisi tanah berbutir halus dan jenuh air.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Dwi Rizki Editor: Dian Anditya Mutiara Sumber: Warta Kota Ikuti kami di Selangkah Lagi Capai Gelar Sarjana Hukum, Mahasiswi Unhas Ini Tewas usai Dibegal Sumber: Berita Nusa Tenggara Timur

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »