Gempa Bumi Tektonik 4,8 SR Guncang Bali dan NTB, BMKG: Tak ... | Liputan 24 Nusa Tenggara Timur
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Gempa Bumi Tektonik 4,8 SR Guncang Bali dan NTB, BMKG: Tak ...

Posted by On 6:05 PM

Gempa Bumi Tektonik 4,8 SR Guncang Bali dan NTB, BMKG: Tak ...

Gempa Bumi

Gempa Bumi Tektonik 4,8 SR Guncang Bali dan NTB, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Senin, 16 Juli 2018 pukul 07:48:51 Wita, wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat diguncang gempa bumi tektonik.

Gempa Bumi Tektonik 4,8 SR Guncang Bali dan NTB, BMKG: Tak Berpotensi TsunamiIstimewaRilis gempa dari BMKG, Senin (16/7/2018).

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Senin, 16 Juli 2018 pukul 07:48:51 Wita, wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat diguncang gempa bumi tektonik.

Dari rilis yang diterima Tribun Bali, oleh Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar Drs. M. Taufik Gunawan menjelaskan, Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,8.

Ep isenter terletak pada kordinat 8,89 LS dan 115,38 BT atau tepatnya pada jarak 25 km arah Barat Daya Klungkung - Bali pada kedalaman 111 km .

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa wilayah Denpasar, Nusa Dua, Kuta, Mataram, Lombok Tengah mengalami guncangan dalam skala intensitas II SIG (III â€" IV MMI).

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Hingga pukul 08:11 Wita, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat di wilayah Bali dan NTB diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Getaran gempa cukup terasa di Kota Semarapura, Klungkung, Senin (16/7) pag i. Hal ini sempat membuat warga panik, bahkan beberapa diantaranya sampai berhamburan keluar rumah.

" Gempanya sangat terasa. Dari pada kenapa-kenapa, kami sekeluarga keluar dari rumah," ujar Tirtayasa, warga kota Semarapura

Berdasarkan laporan BMKG Wilayah III Bali, gempat tersebut berkekuatan 4,8 SR yang terjadi pukul 07:48:51 Wita. Pusat gempa berada di 25 Km barat daya Klungkung dengan kedalaman 111 Km.

Sementara, BPBD Klungkung belum menerima laporan terkait dampak kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut.

" Laporan belum ada. Pasca gempa ini, kita akan cek dulu apakah ada dampak kerusakannya," jelas Kalak BPBD Klungkung, I Putu Widiada.

(*)

Penulis: Ady Sucipto Editor: Ady Sucipto Sumber: Tribun Bali Ikuti kami di Hasil Pertandingan Final Piala Dunia, Prancis vs Kroasia Sumber: Berita Nusa Tenggara Timur

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »