Gempa 5 SR Guncang Nusa Tenggara Barat | Liputan 24 Nusa Tenggara Timur
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Gempa 5 SR Guncang Nusa Tenggara Barat

Posted by On 4:09 AM

Gempa 5 SR Guncang Nusa Tenggara Barat

Bookmark and Share POLITIK Ilustrasi (helmi/dok)Artikel Terkait:

  • Gempa Yogya Renggut 5.135 Jiwa
  • Gempa Yogya: Bulog Pasok 6 Ton Beras Per Hari
  • Gempa Yogya; Mabes Polri Kirim 126 Dokter
  • 50.000 Hektar Lahan Di Riau Terbakar
  • Gempa Sumbar: Korban Jadi 88 Orang
27/06/2018Gempa 5 SR Guncang Nusa Tenggara Barat Politikindonesia - Gempa bumi dengan kekuatan 5 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Sumbawa dan Bima, Nusa Tenggara Barat, Rabu (27/06). Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.
Informasi yang dirilis BMKG, menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 12.37.40 WIB. Episenter terletak pada koordinat 8,12 lintang selatan d an 117,82 bujur timur. Pusat gempa berada di laut, pada kedalaman 15 km dibawah permukaan. Episenter gempa tersebut berjarak sekitar 60 km arah Timur Laut Kota Sumbawa Besar, NTB.
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi ini merupakan jenis gempa dangkal yang diduga kuat dipicu aktivitas struktur geologi sesar naik busur belakang Flores (Flores back arc thrust)," terang Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono.
Berdasarlam hasil analisis mekanisme sumber gempa menunjukkan, bahwa gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).
Panntauan BMKG, guncangan gempa dilaporkan dirasakan di Sumbawa dan Bima dalam skala intensitas III MMI. Banyak orang merasakan guncangan ini dan sebagian warga berlarian keluar rumah.
"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," tutur Daryono. (kap/rin/nis)Sumber: Berita Nusa Tenggara Timur

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »